Kamis, 30 Januari 2014


Proses Pembuatan Bubur Kertas 

(Paper Mache Pulp)

http://belajar.kemdiknas.go.id/images/blank.gif

1.    Sobek / gunting kertas koran bekas atau tissue menjadi potongan-potongan kecil / halus. Jumlahnya cukup mengisi baskom plastic.

2.    Masukan secukupnya potongan kertas ke dalam baskom lalu siram dengan air hangat lalu rendam untuk 1-2 hari hingga lunak.

3.    Masukkan garam 1 sendok the untuk menghindari dari kertas busuk. Kemudian saring kertas yang telah hancur dengan kain lalu pegang ke empat tepi kain dan plintir untuk membuang air (pisahkan air dengan ampasnya)

4.    Tuang atau buang air dalam wadah plastik, lalu masukkan kembali potongan kertas-kertas yang sudah lunak ke dalam wadah lalu remas-remas sampai hancur. Beri sedikit air waktu meremasnya.

5.    Pada baskom lainnya, campurkan 2 sendok atau lebih tepung kanji dengan air secukupnya untuk membuat larutan pasta. Jika terlalu cair  dapat tambahkan tepung.

6.    Campur larutan pasta dengan adonan kertas tadi dan remas-remas hingga lumat menjadi adonan bubur kertas. Uleni bubur kertas hingga liat mudah dibentuk.

7.    Berbagai jenis bentuk dapat Anda kreasikan. Disarankan untuk membuat figur-figur binatang/ manusia dalam ukuran kecil. Hindari bentuk yang sarat dengan detail-detail bentuk yang rumit. Sebaiknya buat bentuk-bentuk yang lebih sederhana.

8.    Setelah itu bentuk-bentuk hiasan gantung tersebut biarkan kering secara alami dengan dijemur/ diangin-angin atau Anda dapat gunakan hair dryer (pengering rambut) untuk mengeringkannya. Selanjutnya bisa diamplas agar permukannya halus.

9.    Hiasan-hiasan gantung sebelum didekorasi sesuai selera Anda sebaiknya dicat putih dulu. Untuk mempertahankan kualitas warnanya anda dapat melapisi dengan shellac /pilox.

1 komentar: